LiputanAS, Bogor -

Ekskul Reisas Peringati Hari Anak Yatim

10 MUHARAM 1440 H

yatam ( hari raya anak-anak Yatim) yang bertepatan dengan tanggal 10 Muharram ( Asyura) sebenarnya bukan hari raya sebagaimana hari raya Idul Fitri atau Idul Adha. Istilah Idul Yatama hanya sebagai ungkapan kegembiraan bagi anak-anak Yatim.Momentum 10 Muharram dijadikan sebagai Idul Yatama., berdasarkan anjuran untuk menyantuni anak-anak Yatim pada hari tersebut.  Dalam sebuah Hadist disebutkan bahwa Rosulullah SAW sangat menyayangi anak-anak Yatim. Dan beliau lebih menyayangi lagi pada hari Asyura ( tanggal 10 Muharram).dimana pada tanggal tersebut, Nabi Muhammad saw menjamu dan bersedekah bukan hanya kepada anak yatim, tapi juga keluarganya. 

Sabtu, 22 September 2018. Smk Adi Sanggoro diwakili oleh Ekstrakurikuler Reisas mengadakan acara dalam rangka menyambut hari raya anak Yatim. Acara ini merupakan bagian dari Program Kerja Jangka panjang dari Ekstrakurikuler Reisas. 

Pada pelaksanaanya acara ini memang sudah dipersiapkan untuk merayakan hari raya anak Yatim yang jatuh pada tanggal 10 Muharam pada penanggalan Hijriyah. 

Komitmen dalam berbagi dengan anak yatim memang menjadi bagian utama dari rangkaian acara pada hari itu yang secara simbolis diberikan diawal pembukaan acara.

Selain acara santunan anak yatim juga terdapat penampilan marawis dari para siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler Reisas,dan tidak kalah menarik adalah perlombaan membuat kaligrafi yang diikuti oleh perwakilan dari setiap kelas yang ada di Smk Adi Sanggoro. 

Pada pelaksanaanya acara ini berlangsung menarik dan tentunya menyenangkan.