Mekatronika

Mekatronika/Robotik

Apa itu Mekatronika/Robotik ?


Mekatronika merupakan disiplin ilmu hasil integrasi atau gabungan dari beberapa ilmu terapan rekayasa. Mekatronika menurut definisi yang dihasilkan oleh musyawarah nasional mekatronika pada tanggal 28 Juli 2006 di Bandung, mekatronika didefinisikan sebagai "sinergis IPTEK teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika, dan teknik pengaturan (atau teknik kendali) untuk merancang, membuat atau memproduksi, mengoperasikan, dan memelihara sebuah sistem untuk mencapai tujuan yang diinginkan.".

Istilah "mekatronika" sendiri pada awalnya diperkenalkan di Jepang oleh Yaskawa Electric Corporation pada tahun 1969 yang kemudian dikenal luas hingga Eropa dan Amerika Serikat. awalnya berkembang dalam bidang Feinwerktechnik yaitu cabang dari teknik yang mengedepankan aspek ketelitian. misalnya pembuatan alat optik dan jam. istilah ini merupakan gabungan dari kata "mechanical" atau "mechanism" dengan "electronics".

Dari definsi di atas, dapat diketahui, bahwa mekatronika merupakan gabungan dari beberapa disiplin ilmu, yang setidaknya ada 4 disiplin ilmu yaitu teknik mesin, teknik elektronika, teknik informatika, dan teknik kendali. Penggabungan atau integrasi ini disebabkan oleh perkembangan IPTEK secara serentak sehingga batas formal diantara ilmu-ilmu ini semakin kabur dan saling beririsan. Akhirnya, perkembangan ini menghasilkan sebuah revolusi baru bagi teknologi industri yang dikenal dengan nama Revolusi Industri 4.0 dimana sebuah revolusi terwujud pada teknologi dengan sebuah skenario baru yang membuat mesin bekerja secara otomatis dan dapat mengambil keputusan sendiri sehingga menjadi lebih cerdas baik secara mandiri maupun dalam skala tim. Skenario ini memiliki keuntungan yang besar bagi perusahaan dimana mereka dapat memangkas pengeluaran untuk para pekerja secara maksimal dan hanya cukup mengandalkan beberapa mesin yang dapat membackup tenaga manusia. Revolusi ini merupakan sebuah loncatan perkembangan zaman yang menghasilkan kemudahan bagi manusia.

Dalam melihat peluang tersebut, maka SMK Adi Sanggoro mengambil kesempatan emas ini. Pada tahun 2015 diajukanlah pembukaan jurusan baru bernama Teknik Mekatronika berdasarkan izin operasional dari Dinas Pendidikan secara resmi yang terbit pada tanggal 30 Maret 2015. Maka mulai saat itulah dibuka jurusan baru dengan keberanian yang mantap. Sebuah jurusan yang membutuhkan sumber daya yang besar. Pada angkatan pertama, yaitu 2015/2016 dimulailah perjalanan baru dengan siswa sejumlah 8 (delapan) orang untuk dibina di jurusan ini, lalu pada tahun ke-dua (Tahun Ajaran 2016/2017) meningkat menjadi 15 orang, dan tahun selanjutnya (Tahun Ajaran 2017/2018) berjumlah 15 orang. Dengan bekal semangat walaupun dengan berbagai keterbatasan, paket keahlian Mekatronika kini sudah berdiri 3 tahun.

 

Dalam dunia pendidikan di indonesia, ilmu ini dipelajari di jenjang SMK dan Perguruan Tinggi. Pada jenjang SMK, Mekatronika merupakan bagian dari rumpun program keahlian Elektronika. Seiring perubahan revisi kurikulum 2013, perkembangan kurikulum Teknik Mekatronika menjadi lebih sempurna. Versi terakhir kurikulum dari pemerintah, jurusan ini membutuhkan jenjang selama  4 tahun.

Pada kurikulum terbaru, ada beberapa mata pelajaran produktif yang dipelajari, yaitu sebagai berikut:

  1. Kerja Bengkel dan Gambar Teknik

Pada matapelajaran ini, siswa akan mempelajari mengenai gambar teknik dan pembuatan PCB

  1. Dasar Listrik dan Elektronika

Pada mata pelajaran ini, siswa diharapkan menguasai dasar teori elektronika dan kelistrikan

  1. Teknik Pemrograman, Mikroprosesor dan Mikrokontroller

Pada mata pelajaran ini, siswa diharapkan menguasai dasar pemrograman untuk mikrokontroler

  1. Teknik Kontrol Sistem Mekatronik

Pada mata pelajaran ini, siswa akan dibimbing untuk menguasai dasar teori sistem kontrol/kendali beserta penerapannya pada PLC, dan dasar teori PID beserta penerapannya menggunakan media mikrokontroler.

  1. Sistem Mekatronik Berbasis CAE

Pada mata pelajaran ini, siswa akan dibimbing untuk menguasai dasar mekanik beserta penerapannya pada pengoperasian mesin bubut, dan dasar gambar 3D berbasis komputer beserta penerapannya pada pengoperasian mesin CNC.

  1. Sistem Robotik

Untuk mata pelajaran ini, siswa akan dibimbing untuk menguasai dasar sistem elektro-pneumatik, elektro-hidrolik, dan robotik, beserta contoh dan aplikasinya.

  1. Perawatan dan Perbaikan Peralatan Mekatronik
  2. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Dengan perkembangan teknologi yang terus meningkat pesat, kini perusahaan dan industri sudah melirik dunia otomasi, dimana proses industrialisasi sudah dijalankan oleh mesin. Hal ini dapat difahami, mengingat mesin tidak mengenal lelah dan letih, serta tidak mengenal nafsu, sehingga diperlukan oleh para pemilik perusahaan untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas dalam proses industrinya. Yang diperlukan hanyalah operator yang dapat mengoperasikan mesin tersebut, dan orang yang memaintenance mesin tersebut agar tetap dapat berjalan dengan baik. Dengan melihat peluang yang amat besar tersebut, maka paket keahlian Mekatronika layaknya sangat diminati oleh masyarakat mengingat lapangan pekerjaan yang luas. Selain untuk kerja, ilmu Mekatronika dapat dikembangkan untuk hobi, yaitu untuk ilmu robotiknya. Saat ini berkembang pesat usaha dalam dunia robotik terutama di indonesia.

PROTON


Ekstrakulikuler